WASPADA. PENYAKIT TIDAK MENULAR ITU MEMATIKAN!! 16 PUSKESMAS HALTIM MENYEDIAKAN LAYANAN PEMERIKSAAN DETEKSI DINI FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM POSBINDU)

Posbindu, Peningkatan prevalensi penyakit tidak menular telah menjadi ancaman yang serius, Khususnya dalam perkembangan kesehatan masyarakat saat ini. Menurut data WHO, 73% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular, yaitu +1.400.000 kematian/tahun. Rincian penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian meliputi penyakit kardiovaskular (Jantung  dan stroke) 25,6%, kanker (paru paru, payudara, serviks)  8,8%, penyakit pernapasan kronis  ( asma dan penyakit  paru  obstruktif kronis 4,4%, diabetes melitus 4,4%, dan penyakit tidak menular lainnya 29,8%.

Kadis Kesehatan Abdullah Yakub,S.Kep, menyampaikan Salah satu strategi yang di lakukan Dinas Kesehatan Halmahera Timur melalui 16 Puskesmas yang tersebar di Haltim kemudian dikembangkan model Pengendalian Penyakit Tidak Menular ( PTM ) berbaris masyarakat melalui pos Pembinaan Terpadu ( Posbindu ) PTM. Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan  kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko PTM utama yang di laksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatakan peran serta masyarakat dalam pencengahan dan penemuan dini faktor PTM.  Melalui posbindu PTM ,dapat sesegeranya di lakukan pencengahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat di tekan.Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, beresiko dan penyadang PTM  berusia 15 tahun ke atas.

Beberapa perilaku yang dapat memicu PTM antara lain

Mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula, garam, dan lemak tinggi

Merokok Asupan sayur dan buah rendah  dan Tidak berolahraga

Pelaksanaan Posbindu di PTM dilakukan oleh kader kesehatan yang telah ada dan beberapa orang dari masing -masing kelompok  kerja yang bersedia menyelenggarakan posbindu PTM , yang di latih secara khusus, dibina atau difasilitasi untuk melakukan pemantauan faktor resiko Penyakit Tidak Menular.

Ayoo sehat. Periksakan kesehatan anda secara rutin di Pospindu PTM terdekat:

jadwal  pelayanan Posbindu PTM Puskesmas Kota Maba  di sampaikan oleh PJ Posbindu Rustina, Amd.Kep  yaitu sebagai berikut:

Desa Sangaji setiap bulan  tanggal 12 , tempat  di Posyandu Sangaji

Desa Soagimalaha tiap bulan tanggal 17, tempat di kantor Desa Soagimalaha

Desa Tewil  tiap bulan tanggal 14 tempatnya bergantian Tiap RT

Desa Wailukum tiap  tanggal 16 Tempatnya bergantian tiap RT

 

 

 

DINKES Haltimkab
239

Share

Kontak Kami

JL. PUSAT PEMERINTAHAN KAB. HALMAHERA TIMUR. KEC, KOTA MABA

dinkeshaltim@gmail.com

081356009090

Senin - Jumat (08.00-16.00 WIT)

© 2023. Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur