PIN POLIO UPAYA SELAMATKAN GENERASI EMAS HALMAHERA TIMUR

Kementerian Kesehatan RI masih menerima laporan terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat virus Polio di sejumlah wilayah di Indonesia. Sebanyak 32 Provinsi dan 399 kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam kategori risiko tinggi polio. Termasuk didalmnya Kabupaten Halmahera Timur. Kepala Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan menyampaikan, dengan adanya laporan kasus polio serta risiko penularan virus polio yang tinggi.  Kemenkes kemudian kembali menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua. PIN Polio ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. “PIN tahap pertama pada 23 s/d 28 Juli 2024 dan Tahap dua di mulai tanggal 06 s/d 12 Agustus 2024.

Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub, resmi meluncurkan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Tewil, Selasa 24 Juli 2024 Kecamatan Kota Maba di hadiri oleh unsur pejabat diantaranya direktur rumah sakit, asisten, staf Ahli, pimpinan SKPD, Camat Kota Maba, Kepala Desa Tewil serta dihadiri juga lintas sektor terkait dari wahana visi Indonesia yang juga mengambil bagian dalam tetes imunisasi pada anak

Pemberian imunisasi pada PIN Polio sangat penting untuk mencegah virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio lengkap. Sasaran PIN Polio adalah anak usia 0 hingga 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Vaksin yang akan diberikan adalah vaksin imunisasi tetes. Dan pelaksanaan PIN Polio akan dilakukan secara massal dan serentak untuk mencapai kekebalan kelompok yang optimal dan dapat mencegah perluasan transmisi virus polio.

BY : FAIZAL HAIR, SKM

DINKES Haltimkab
108

Share

Kontak Kami

JL. PUSAT PEMERINTAHAN KAB. HALMAHERA TIMUR. KEC, KOTA MABA

dinkeshaltim@gmail.com

081356009090

Senin - Jumat (08.00-16.00 WIT)

© 2023. Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur