PELAYANAN KESEHATAN BERGERAK TAHAP I DESA JARA-JARA

Maba, Dinas kesehatan Kabupaten Halmahera Timur pada tanggal 12 September 2024 telah melakukan Pelayanan Kesehatan Bergerak tahap I yang bertempat di Desa Jara-jara Kecamatan Maba Utara. Kegiatan ini di sambut Baik oleh Masyarakat setempat dan di Buka Langsung Oleh Bupati Halmahera Timur Drs. Ubaid Yakub,MPA yang di dampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Siti Nur Ubaid.Dalam Sambutannya Bupati Menyampaikan Bahwa Pemerataan pelayanan kesehatan yang di laksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat  yang merupakan salah satu sasasaran yang ingin dicapai dalam pembangunan kesehatan. Permasalahan utama yang dihadapi dalam hal pemerataan layanan kesehatan adalah terkait akses yang terbatas, khususnya bagi daerah terpencil dan sangat terpencil. Keterbatasan akses pelayanan kesehatan antara lain disebabkan karena kendala geografis, keterbatasan sarana dan trasportasi untuk menjangkau daerah tersebut tandasnya.

Berdasarkan Surat keputusan Bupati Nomor : 188.45/440-93.a/2015 tertanggal  8 Oktober 2015 , Bahwa Puskesmas Patlean masuk dalam kategori Daerah Terpencil,perbatasan dan kepulauan ( DTPK). Salah satu wilayah kerja Puskesmas Patlean adalah Desa Jara-jara yang berada dalam wilayah kecamatan Maba Utara. Desa Jara-jara sendiri merupakan Desa Lokus Pelayanan Kesehatan Bergerak oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur.

Pelayanan Kesehatan Bergerak  yang di laksanakan  di DesaJara-jara melibatkan tenaga Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Umum, Dokter Gigi, Tenaga Gizi, Tenaga Promosi Kesehatan Baik Propinsi Maupun Kabupaten, Tenaga Perawat, Bidan Maupun Apoteker dan  Farmasi. Kegiatan PKB (Pelayanan Kesehatan Bergerak) tahap I Tahun 2024 Melalui Dana DAK Non Fisik 2024. Secara umum Jenis pelayanan kesehatan yang dilakukan pada pelayanan kesehatan bergerak adalah:

  1. Pelayanan kesehatan dasar
  2. Pelayanan Kesehatan Spesialistik
  3. Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
  4. Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut
  5. Pelayanan Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan 

Pelayanan Kesehatan Bergerak dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur  selama 3 hari yaitu hari Senin-Rabu  tanggal 10– 12  September 2024 di Desa Jara-jara  Kecamatan Maba Utara  dipimpin langsung oleh  Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Jaslan Muchlis, SKM yang didampingi oleh 2 orang dari Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Propinsi Maluku utara  Riskal Muslim, SKM,MPH dan Ikbal R. Husain, SKM,M.KKK.

Kegiatan Pelayanan kesehatan bergerak di sambut baik  oleh pemerintah Desa setempat yang terdiri dari Kepala Desa Jara-Jara dan jajarannya, Baik Tokoh Masyarakat maupun Tokoh adat. Jumlah masyarakat yang terlayani di Pelayanan Kesehatan Bergerak selama tiga hari yaitu 217 orang dengan uraian kasus kesehatan sebagai berikut: 
1. Hipertensi
2. Batuk
3. Flu/pilek
4. Gatal-gatal
5. Gigi berlubang
6. Stunting
7. Bumil KEK

8.dll

Masyarakat sangat berterima kasih atas pelayanan kesehatan bergerak ini karena pelayanan kesehatan menjadi lebih dekat, tidak membutuhkan biaya ke kota untuk pemeriksaan dokter spesialis. Masyarakat pun berharap semoga ke depannya pelayanan seperti ini tetap berkelanjutan dilaksanakan untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Di Rilis oleh: J. Muchlis, SKM (Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat)

 

 

DINKES Haltimkab
196

Share

Kontak Kami

JL. PUSAT PEMERINTAHAN KAB. HALMAHERA TIMUR. KEC, KOTA MABA

dinkeshaltim@gmail.com

081356009090

Senin - Jumat (08.00-16.00 WIT)

© 2023. Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur