GERAKAN AKSI BERGIZI

Maba , Halmahera Timur.- Bidang Kesehatan Masyarakat melalui Dana Alokasi Khusus Bidang Kesehatan tahun 2024 telah melaksanakan kegiatan GERAKAN AKSI BERGIZI, yang di bertempat di SMP Negeri 3 Maba, kegiatan ini di Fokuskan pada Penanggulangan Anemia yang merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat Khususnya Masyarakat Halmahera Timur yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut. Data e- PPGBM  Pada Pengelola Gizi Dinas Kesehatan menunjukkan prevalensi anemia pada anak usia 12-15 tahun sebesar 50,78% dan pada usia 15-18 tahun sebesar 48,39%. Hal ini berarti sekitar 4 dari 930 Anak Remaja yang di lakukan penjaringan (skrening) oleh 16 Puskesmas yang berada di Halmahera Timur tahun 2023 (Data Penjaringan Siswa Baru tahun 2023-2024).

Untuk Menanggulangi Masalah Tersebut, Maka Pemerintah dalam Hal ini Dinas Kesehatan Telah Melakukan Berbagai Upaya diantaranya Pendidikan Gizi Seimbang ( Isi Piringku), Tablet Tambah Darah (TTD). Suplementasi TTD mulai dilaksanakan di Halmahera Timur pada tahun 2017 dengan minum TTD 1 tablet per minggu sepanjang tahun bagi remaja putri usia 12–18 tahun yang berada di jenjang pendidikan SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Walaupun pemberian TTD pada remaja putri sudah dilakukan, prevalensi anemia masih cukup tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah kurangnya kepatuhan remaja putri dalam mengkonsumsi TTD.

Merujuk dari Permasalahan diatas maka Dinas Kesehatan Melalui Bidang Kesehatan Masyarakat telah melakukan kegiatan #AksiBergizi, tanggal 14 Juni 2024.Kegiatan Aksi Bergizi dilaksanakan dengan empat intervensi utama, yaitu: 1. AKtifitas Fisik Bersama 2. Sarapan dan Minum TTD bersama di sekolah  3. Edukasi gizi tentang manfaat mengkonsumsi TTD dan  mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik; serta 4. Komunikasi untuk perubahan perilaku yang  diintegrasikan dengan program UKS pada SMP Negeri 3 Haltim-Maba.

Aksi bergizi ini disambut baik oleh pihak Sekolah dengan ikut membantu Dinas Kesehatan melakukan rangkaian acara penggerakan Aksi Bergizi berupa kegiatan senam, tujuan untuk mengajarkan kepada Siswi aktivtas fisik. Sarapan bersama, mengajarkan pentingnya asupan nutrisi di pagi hari agar bisa optimal melakukan kegiatan belajar. Minum tablet tambah darah, ini yang terpenting agar Siswi tidak mengalami anemia, kemudian ada penyampaian materi oleh team Dari Bidang Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari GIKIA dan Promosi Kesehatan yakni materi tentang pencegahan anemia. Penjelasan komponen makanan yang bergizi seimbang agar remaja tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan instan, dan yang terakhir adalah foto bersama untuk memeriahkan kegiatan.

OLEH : JASLAN MUCHLIS, SKM

DINKES Haltimkab
193

Share

Kontak Kami

JL. PUSAT PEMERINTAHAN KAB. HALMAHERA TIMUR. KEC, KOTA MABA

dinkeshaltim@gmail.com

081356009090

Senin - Jumat (08.00-16.00 WIT)

© 2023. Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur