Dinas Kesehatan Haltim Menggelar Pelatihan Entomologi Malaria Untuk Petugas Puskesmas sekabupaten Halmahera Timur

Dalam rangka peningkatan kapasitas petugas puskesmas di Halmahera Timur, khususnya penanggung jawab program Malaria di puskesmas.Dinas kesehatan bekerja sama dengan dinas kesehatan Provinsi dan Balai besar pelatihan Kesehatan(BBPK) Makassar melaksanakan kegiatan pelatihan  entomologi malaria .Kepala Dinas Kesehatan Kab.Halmahera Timur Membuka Acara Pelatihan Entomologi Malaria Bagi Petugas Puskesmas di maba (Aula Marfa),  kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari dari tanggal 16 – 21 september  2024.Kegiatan ini menggunakan  dana DAK Non fisik Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur Tahun 2024.

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah agar pengelola program malaria Puskesmas mampu berperan sebagai petugas entomologi malaria di Puskesmas yang nantinya memiliki kemampuan sebagai berikut :

  1. Menjelaskan dan mengidentifikasi  nyamuk Anopheles sp.
  2. Melakukan dan Menjelaskan survei vektor malaria
  3. Melakukan pemetaan vektor malaria
  4. Melakukan pengendalian vektor malaria
  5. Menjelaskan dan melakukan pencatatan dan pelaporan menggunakan aplikasi terkait malaria dan pengendalian vector

Kegiatan ini tidak hanya fokus pada penyampaian teori, tetapi juga melibatkan praktik lapangan (melakukan survei reseptifitas malaria atau survei jentik anupheles di tempat perindukan nyamuk yang ada di wilayah kota maba, serta melakukan praktik penangkapan nyamuk di malam hari, dan  evaluasi melalui tes komprehensif dan post-test untuk memastikan pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan.

Dalam Sambutannya , kepala Dinas Kesehatan  Abdullah Yakub, S.kep menyatakan agar seluruh peserta dapat mengikuti Pelatihan ini dengan baik sehingga kompetensi yang diharapkan benar-benar dapat di kuasai oleh seluruh peserta dan mampu menerapkan di Puskesmas masing-masing nantinya. . Kepala Dinas Kesehatan menekankan agar kegiatan ini berguna untuk kemajuan Puskesmas dan Dinas Kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian malaria di Kabupaten halmahera timur yang masih sangat memerlukan kerja keras bersama untuk menuju eliminasi malaria Kabupaten halmahera timur pada tahun 2026/2027. Beliau juga mengapresiasi kerjasama dinas kesehatan provinsi dengan BBPK Makassar yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

by. Fahima Husen,S.Kep.Ns

DINKES Haltimkab
19

Share

Kontak Kami

JL. PUSAT PEMERINTAHAN KAB. HALMAHERA TIMUR. KEC, KOTA MABA

dinkeshaltim@gmail.com

081356009090

Senin - Jumat (08.00-16.00 WIT)

© 2023. Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur